NEWS

CARA SEDERHANA PASANG PARABOLA
Untuk yang mau pasang antena parabola sendiri atau ganti parabola karena antena yang lama sudah tidak memenuhi syarat lagi,tidak ada salahnya untuk mencoba memasang sendiri.
Berikut cara pasang parabola khusus pemula yg mungkin belum tau sama sekali istilah dalam dunia persatelitan,langsung praktek,tanpa teory yang rumit-rumit dan peralatan yang minim.

Persiapkan alat-alat yang kita punyai seperti kunci-kunci sesuai kebutuhan misal seperti kunci,10,obeng,kunci 13. 14,15 atau kunci Badut,Bor kalau mau ditempel di tembok,
Kompas untuk menentukan arah yang tepat atau pakai hp android yang ada fitur kompasnya,kalau gak ada melihat arah parabola tetangga.
Pastinya anda sudah punya antena parabola kalau belum beli dulu,semakin besar ukuran parabolanya semakin besar pula peluang anda untuk mendapatkan sinyal dengan cepat dan mudah ( teorynya kalau beruntung)

Langsung praktek

1.Memesang tiang parabola dan memilih lokasi pemasangan.
Pilih lokasi pemasangan antena parabola yang minim halangan seperti pohon yang tinggi ,gedung bertingkat yang menutup langsung terutama untuk arah utara untuk lock satelit Palapa+telkom.
Pastikan pemasangan tiang tegak lurus untuk memudahkan pointing sinyal,kokoh tidak mudah goyah terkena terpaan angin biar sinyal stabil nantinya,karena geser sedikit saja sinyal pastinya turun.
Pemasangan tiang bisa ditanam atau ditempel di tembok,perhatikan kenyamanan anda saat pointing sinya nanti mungkin harus berulang-ulang untuk mendapatkan sinyal yang maximal,usahakan pilih tempat yang nantinya anda tidak kesulitan dalam traking.

2.Merakit antena parabola dari menyatukan kepingan,pastikan setiap sambungan membentuk lengkungan yang bagus dan kuat,saat mengencangkan baut jangan sampai penyok rangkanya.
Satukan dish dengan mounting pastikan terpasang kuat,dan rapi.

3.Memasang lnb (Low Noise Block Conventer) sebagai alat penerima sinyal dari satelit,
Mencoba memasang 2 lnb aja dulu Pastikan titik 0 lurus pasang kabel jumper umtuk menyambungkan lnb dengan swich/swich dalam /swich luar /dseq c swich
untuk jarak lnb di sklaring udah ada petunjuknya untuk berapa fed,6,7,8,10 fed cocokan dengan besar antena parabola yg anda pasang.
Untuk mengukur Jarak Titik Fokus LNB dengan dasar parabola dan jarak lnb bisa menggunakan rumus atau kira2 dulu sesuai skalaring kalau kurang maximal baru buka rumus.
Lnb terpasang dengan skalaring sudah tidak goyah,langsung pasang pada tiang fokus(Tripot/cangkul) menurut saya enakan tiang fokus cangkul untuk memaximalkan sinyal.



4.Saatnya pointing sinya
Pastinya kita harus tau arah barat dan timur dengan pasti,bisa pakai kompas,lihat matahari/Bintang kalau malam dan kompas paling top melirik arah parabola tetangga terdekat disekitar anda.
Parabola sudah terpasang pada tiang dengan baut di kencangkan tapi masih bisa di gerakan.mounting bisa di putar kanan kiri,baut tengah penyetel arah utara-selatan (Deklinasi),penyangga arah barat timur (Elevasi) di kendorkan.

Pakai receiver mpeg 2 dan pakai monitor untuk traking sinyal,tv dibawa atau pakai dvd portable/Hp
pilih chanel yang sinyal luber seperti Matrix tv,tv one,untuk sateli palapa dan trans 7 untuk satelit telkom.
Tiang fokus paskan dulu arah barat dan kencangkan bautnya.
Arahkan parabola menghadap utara,versi kompas.parabola lurus ke Atas dulu
Sekarang kita mulai pada chanel Tv One, kita tekan oke ,Info,kita lihat dilayar sambil muter parabola,turunin dikit ke arah utaranya sambel geser ke timur, 
Ulangi sampai ketemu sinyal,kalau udah ada tanda-tanda sinyal masuk meskipun masih kecil,mulai kencangkan dikit baut untuk menahan biar parabola bisa dilepas tapi masih bisa di geser.cari sampai mendapakan sinyal yang paling besar dengan mungkin menambah arah utara dengan menarik dish ,puter arah mounting,bisa juga geser ke barat-timur cari sinyal paling besar.
Pindah ke chanel trans t7 kalau udah dapat berarti anda sudah bisa pasang parabola sendiri,tapi kalau yang canel telkom belum masuk boleh istirahat dulu lanjut lain waktu. 

             


0 Komentar untuk : CARA SEDERHANA PASANG PARABOLA